Powered By Blogger

Selasa, 13 April 2010

TUGAS 5

SOAL :
1. apa yang anda ketahui tentang "konflik" jelaskan pendapat saudara ?
2. apa yang menyebabkan timbulnya konflik antar kelompok ?jelaskan!
3. mengapa orang berpendapat bahwa pertentangan kelompok itu bersifat negatif ?jelaskan!
4. menurut jenis nya konflik ada 4 yaitu: personal role conflict, inier role conflict, intersender conflict, berikan masing-masing contohnya sesuai dengan konflik yang pernah anda alami atau yang pernah anda liat ?
5. mengapa hidup ini harus ada konflik ?jelaskan pendapat saudara ?

JAWAB :
1. suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

2. Manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang kebudayaan yang berbeda. Oleh sebab itu, dalam waktu yang bersamaan, masing-masing orang atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Kadang-kadang orang dapat melakukan hal yang sama, tetapi untuk tujuan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, misalnya perbedaan kepentingan dalam hal pemanfaatan hutan. Para tokoh masyarakat menanggap hutan sebagai kekayaan budaya yang menjadi bagian dari kebudayaan mereka sehingga harus dijaga dan tidak boleh ditebang. Para petani menbang pohon-pohon karena dianggap sebagai penghalang bagi mereka untuk membuat kebun atau ladang. Bagi para pengusaha kayu, pohon-pohon ditebang dan kemudian kayunya diekspor guna mendapatkan uang dan membuka pekerjaan. Sedangkan bagi pecinta lingkungan, hutan adalah bagian dari lingkungan sehingga harus dilestarikan. Di sini jelas terlihat ada perbedaan kepentingan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya sehingga akan mendatangkan konflik sosial di masyarakat. Konflik akibat perbedaan kepentingan ini dapat pula menyangkut bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Begitu pula dapat terjadi antar kelompok atau antara kelompok dengan individu, misalnya konflik antara kelompok buruh dengan pengusaha yang terjadi karena perbedaan kepentingan di antara keduanya. Para buruh menginginkan upah yang memadai, sedangkan pengusaha menginginkan pendapatan yang besar untuk dinikmati sendiri dan memperbesar bidang serta volume usaha mereka.

3. karena dapat mengakibatkan rusaknya tatanan keadaan maupun kehidupan bermasyarakat. Kondisi ketentraman dan ketertiban (tramtib) komunitas (pemukiman) maupun kelompok-kelompok ataupun lapisan masyarakat menjadi terusik .

4. - Personal role conflict : Pada situasi ini dua atau lebih peran bertabrakan. Misalnya, dalam kasus seorang ayah yang adalah pelatih tim baseball putranya. Pria itu mengambil keduaperan ayah dan pelatih. Jika anak itu membuat sebuah drama yang buruk dalam permainan, ayah akan cenderung untuk mendukung dan kenyamanan anaknya. pelatih A, bagaimanapun, akan cenderung untuk menjelaskan kepada anak itu persis apa yang dia lakukan salah. tabrakan ini merupakan konflik peran mana dua peran dalam mengatur peran seorang individu tidak dapat bekerja sama dalam situasi sosial tertentu.
- Inter role conflict : saya pernah melihat persoalan timbul karena satu orang menjabat dua atau lebih fungsi yang saling bertentangan.

- Intersender Conflict : pegawai berhadapan dengan harapan organisasi terhadapnya yang tidak konsisten dan tidak sesuai.

- Intrasender Conflict : karyawan atau manajer yang menduduki jabatan di dua struktur. Akibatnya, jika masing-masing struktur memprioritaskan pekerjaan yang tidak sama, akan berdampak pada karyawan atau manajer yang berada pada posisi dibawahnya, terutama jika mereka harus memilih salah satu alternative.

5. Hidup harus mempunyai konflik agar kita tetap ingat kepada tuhan kita masing- masing dan karena adanya konflik kita dapat mencari sebuah keputusan untuk kepentingan bersama yang tidak memihak dan agar hidup kita tidak datar saja dan penuh warna.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar