Senin, 07 Juni 2010

Tips Awet Muda Sampai Usia 300 tahun. Mau?

Begitu membaca judul di atas mungkin dahi anda langsung mengkerut. Mana mungkin?? Awet muda OK, tapi kalau 300 tahun?? Mungkin begitu yang terlintas di pikiran anda.

Saya tidak sedang jualan obat.

Ini pernah terjadi 1 abad yang lalu. 7 orang pemuda bersama seekor anjing. Ya!! Anda pasti sudah bisa menebak. Saya sedang membuka tabir misteri ashabul kahfi (kalo menggali hikmah dari sejarah anda bisa baca di sini)

Wow!! Kenapa kok tabir misteri?

Jadi begini ceritanya, beberapa hari yang lalu bertemu seorang kawan. Dia berbagi cerita tentang rahasia awet muda ashabul kahfi hingga mencapai usia 300 tahun lebih dibedah dari aspek ilmiah.

Setibanya di rumah, saya cari referensi tentang topik ini dan akhirnya menemukan Ensiklopedi Mukjizat Alquran & Hadis. Saya sangat bersemangat sekali karena sebelumnya seorang rekan memaparkan sedikit kisah ashabul kahfi yang belum pernah saya baca atau dengar sebelumnya. Itu sebabnya saya begitu antusias membagi hal ini kepada anda semua sekarang.

Saya paling antusias saat menonton serial dokumenter garapan tim TV3 Malaysia (”jejak rasul” kalo nggak salah) yang berkelana ke Negara-negara Timur Tengah demi napak tilas peninggalan para Nabi. Tentu, kisah 7 pemuda ashabul kahfi juga diangkat. Seakan-akan kita sedang ada disana menyaksikan seperti apa situasi sebenarnya. Jadi ketika membaca beberapa tulisan tentang ashabul kahfi sedikit banyak saya bisa memahami.

Pertama, mari kita simak apa sabda Allah SWT lewat surat Al-Kahfi 18 :11.

“Maka Kami tutup telinga mereka di dalam gua itu, selama beberapa tahun,…”

Sering rasanya mendengar potongan ayat di atas, tapi barulah tersadar apa maksud Allah SWT dengan kata “menutup telinga”. Pasti Allah punya maksud tersembunyi.

Logika sederhana, tentu saja jika telinga aktif mendengar mana bisa tidur awet beratus-ratus tahun? Bolak-balik pasti terbangun karena bising, misalnya. Dan kita jangan lupa bahwa pemuda-pemuda ini sedang dalam pengejaran penguasa zhalim saat itu.

Telinga adalah salah satu indera yang Allah ciptakan sebagai garda terdepan penerima stimulus. Ya semacam customer service di kantor-kantorlah. Jika ada rangsang dari luar, dalam bentuk suara, maka telingalah yang menerima pertama kali yang kemudian informasi diproses di otak.

Selanjutnya, mari kita cek ayat 17 :

“Dan engkau akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari itu terbenam, menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas di dalam gua itu…”

Ini juga suatu hal yang luar biasa. Faktor sinar matahari jadi hal penting agar kondisi fisik tetap bugar. Dan disana juga dinyatakan bahwa sinar matahari bisa masuk dari sisi-sisi gua. Artinya ini bukan gua sembarang. Gua ini punya karakter yang baik dalam mensupport interiornya, apalagi interior yang luas memungkinkan oksigen bersirkulasi dengan baik.

Sementara ayat 18 :

“…dan Kami bolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri…”

Saya merenung agak lama sebenarnya ini rahasia penting masa depan manusia. Di film-film fiksi layar lebar, seperti Aliens, kita mungkin pernah lihat bagaimana manusia bisa dibekukan sementara (baca : tidur dalam waktu yang lama) ketika menempuh perjalanan jauh antar planet/ bintang. Allahualam, hanya Allah SWT Maha Tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Tapi ada yang keliru dari yang sering ditampilkan dalam film fiksi tersebut. Bagaimana mungkin manusia bisa tidur berhari-hari menempuh perjalanan panjang tanpa merasa sakit sedikitpun? Coba anda rasakan sendiri ketika anda tidur lebih dari waktu normal. Apa yang anda rasakan? Sakit punggung itu sudah pasti. Anda boleh cek kondisi pasien yang dirawat di Rumah Sakit dalam waktu cukup lama & tidak pernah bangkit dari tempat tidur.

Kawan saya pernah menyaksikan sendiri seperti apa efek tidur yang terlalu lama (lamanya beberapa bulan) pada sanak saudaranya yang dirawat di rumah sakit. Karena keluarganya kurang telaten mengurus si pasien akibatnya kulit punggung jadi melepuh. Kasihan juga jadinya. Bayangkan, itu efek tidur berbulan-bulan bagaimana yang tidur 300 tahun?! Kalau bukan karena "sentuhan" Allah tentu bisa berujung maut.

Subhallah, Allah SWT telah mengungkap rahasia penting awet muda 300 tahun. Tubuh yang dibolak-balik itu dia rahasianya!

Tulisan di atas hanyalah sedikit yang berani saya kupas. Masih banyak kandungan sarat makna dari potongan ayat-ayat surat Al-Kahfi yang menarik untuk dikaji. Lebih detil tentang pembahasan ini anda bisa temukan dalam buku #1 Ensiklopedia Mukjizat Alquran & Hadis : Kemukjizatan Fakta Sejarah dalam Alquran.

Jadi, masih berminat punya usia sampai 300 tahun?

1 komentar:

  1. Dalam hal-hal tertentu kandungan ayat-ayat al-Qur`an memang dapat dikaji secara ilmiah. Usia awet selama 300 tahun pun secara ilmiah agaknya bisa dibuktikan.

    BalasHapus